Sejarah Berdiri “Tahun 1977-2004”

Sebagai bentuk kepedulian di bidang kesehatan umat, Yayasan Muhammadiyah sebagai organisasi masyarakat melalui Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Probolinggo, mendirikan Balai Pengobatan dan Balai Kesehatan Ibu dan Anak (BP/BKIA) “Siti Aisyiah” di tahun 1977.

Dengan berdirinya Balai Pengobatan tersebut sedikit banyak merubah cara pandang masyarakat Kota Probolinggo pada umumnya dan khususnya warga Muhammadiyah, akan betapa pentingnya masalah kesehatan ibu dan anak. Seiring dengan semakin pesatnya kemajuan di bidang kesehatan serta kemajuan pola pikir masyarakat pada saat itu yang menuntut pentingnya pelayanan dan kualitas, maka BKIA “Siti Aisyiah” pada tahun 1980 merubah statusnya menjadi Rumah Sakit Bersalin “Siti Aisyiah”.

Dengan perubahan status tersebut diharapkan kedepan akan semakin meningkat kualias pelayanan sejalan dengan kebutuhan masayarakat Kota Probolinggo yang semakin pesat. Hal ini dibuktikan Rumah Bersalin “Siti Aisyiah” dengan membangun Kamar Operasi yang pembangunannya dimulai pada bulan maret tahun 2000, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bapak Walikota Probolinggo Drs. Banadi Eko. Hal ini juga menunjukkan bukti apresiasi Pemerintah terhadap kemajuan Rumah Bersalin “Siti Aisyiah” bahwa pembangunan Kamar Operasi dapat dijadikan sebagai langkah awal pembangunan dan peningkatan Rumah Bersalin.

Sampai akhirnya di tahun 2004 Rumah Bersalin “Siti Aisyiah” berubah status menjadi Rumah Sakit Anak dan Bersalin “Muhammadiyah” sesuai dengan surat ijin Menteri Kesehatan RI dengan keputusan tanggal 09 Juli 2004 nomor 02.04.3.5.140

Leave a Reply